Menangis Baik Untuk Kesehatan Dan Cara Meluapkan Emosi

Menangis itu hal yang wajar sebagai respon alami manusia sebagai bentuk penggambaran emosi termasuk kesedihan, kegembiraan, atau frustasi.

Berdasarkan sebuah studi di Amerika Serikat, antara perempuan dan laki-laki yang lebih sering menangis adalah perempuan. Hasil studi menunjukan bahwa perempuan rata-rata menangeluarkan air mata 3,5 kali per bulan sedangkan laki-laki 1,9 kali per bulan. Mengeluarkan air mata seringkali membuat seseorang dikatakan lemah dan cengeng. Tapi tahukah Anda, jika  itu bermanfaat bagi kesehatan mulai dari kesehatan tubuh sampai kesehatan mental.

Manfaat menangis  sudah diketahui sejak zaman klasik. Pemikir dan dokter Yunani Kuno dan Roma menjelaskan bahwa air mata bekerja sebagai pencahar yang membuat kotoran keluar. Di masa sekarang, pemikiran psikolog dan para dokter juga sependapat bahwa menangis punya berbagai manfaat.

Berikut 5 Alasan mengapa menangis baik untuk kesehatan

1.  Menangis Mendetoksifikasi Tubuh

Manusia menghasilkan tiga jenis air mata yaitu air mata refleks, air mata basal, dan air mata emosional. Air mata refleks disebabkan saat ada sesuatu di mata Anda entah itu debu atau kotoran yang tidak sengaja masuk ke mata.

Air mata yang terus menerus mengalir nantinya akan melumasi mata Anda sehingga  mampu membersihkan kotoran termasuk debu dan asap yang ada di mata Anda. Selain sebagian besar mengandung air, ternyata air mata juga mengandung antibodi yang digunakan untuk melawan infeksi.

2. Menangis Untuk Menenangkan Diri

Sesorang perlu menenangkan diri saat pikirannya merasa terganggu karena ditimpa berbagai masalah. Menenangkan diri juga diperlukan saat emosi tidak terkendali. Salah satu cara menenangkan diri adalah meneteskan air mata.   Sebuah studi menemukan sebuah fakta bahwa menangis mempunyai efek menenangkan diri. Hal ini disebabkan karena  sistem saraf parasimpatis (PNS) akan aktif sehingga dapat membantu merileksan sekaligus membantu tubuh beristrirat. Meneteskan air mata bisa jadi tidak memberikan efek menenangkan secara langsung karena mungkin perlu beberapa menit.

3.  Meningkatkan Suasana Hati

Menangis mampu mengurangi rasa sakit yang Anda rasakan terutama sakit hati atau perasaan sampai terisak bahkan bisa meningkatkan kembali semangat yang sebelumnya menghilang. Saat Anda terisak akan ada banyak udara sejuk yang lebih cepat terhirup.

Udara sejuk yang terhirup dapat membantu mengatur sekaligus menurunkan suhu otak Anda. Jika suhu otak Anda dingin, maka tubuh dan pikiran akan lebih tenang dan senang. Oleh karena itu biasanya apalagi sampai terisak, suasana hati orang akan lebih baik.

4. Menghilangkan Stres

Seseorang bisa mengalami stres karena merasa kelelahan menjalani kehidupan di dunia. Beberapa orang yang mengalami stres biasanya tanpa disadarinya. Ternyata justru memiliki manfaat bagi Anda yang mungkin merasa stres.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, seseorang yang mengeluarkan air mata emosional akan merasa lebih baik setelahnya dan tinkat stres pun bisa berkurang bahkan menghilang. Alasannya karena air mata emosional memiliki hormon stres yang lebih tinggi sehingga apabila hal tersebut dikeluarkan maka hormon stres akan berkurang.

5.Mengembalikan Keseimbangan Emosional

Meneteskan air mata bukan hanya sebagai respon atas perasaan sedih saja. Namun bisa juga terjadi karena bahagia, merasa takut, dan bahkan stres karena suatu hal. Hasil penelitian menunjukan bahwa menangis bisa membantu Anda mengembalikan keseimbangan emosional. Sebab saat Anda menangis bukan karena sedih saja bisa jadi berarti bahwa tubuh Anda melakukan sebuah cara untuk pulih dari emosi

Itulah beberapa manfaat menangis bagi kesehatan. Jangan ditahan ya, jika ingin menangis keluarkanlah air mata agar perasaan yang mengganjal bisa dilepaskan.